Selamat Datang

Belajar Kebijakan Perlindungan Tanaman adalah blog baru yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Faperta Undana mempelajari mata kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Pada saat ini blog belum selesai dikerjakan sehingga hanya menyedaiakan fitur layanan secara terbatas. Silahkan kunjungi blog lama untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan yang akan diberikan melalui blog baru ini.

Pemberitahuan Registrasi Mahasiswa

Seluruh mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman semester genap tahun 2018/2019 wajib melakukan registrasi mata kuliah secara daring (online) dan memeriksa hasil registrasi. Lakukan registrasi dengan menggunakan nama yang sesuai dengan nama pada saat melakukan registrasi mahasiswa Undana. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Registrasi dilakukan selambat-lambatnya sampai pada 12 April 2019.

Pemberitahuan Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 diselenggarakan secara daring (online) pada Senin, 17 Juni 2019. Silahkan mengakses tayangan mengenai Ujian Akhir Semester untuk membaca soal dan pertanyaan ujian serta mengunggah Lembar Jawaban Ujian serta memeriksa untuk memastikan bahwa Lembar Jawaban Ujian yang diunggah sudah masuk.

Pemberitahuan Kuliah Daring 1

Kuliah pada Jumat, 5 April 2019 dengan materi 4.1. Pengendalian Hama Terpadu sebagai Perlindungan Tanaman yang Bersifat Sektoral yang disepakati untuk dialihkan menjadi pada Rabu, 10 April 2019 tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka karena dosen bertugas ke luar kota. Sebagai bagian dari pengembangan sistem perkuliahan blended learning, kuliah akan dilaksanakan secara daring. Silahkan baca materi kuliah sampai benar-benar mengerti dan kemudian klik Formulir Mengikuti Perkuliahan Daring, jawab setiap pertanyaan, dan klik tombol kirim untuk memasukkan formulir. Untuk memastikan bahwa formulir yang dikirimkan telah benar-benar masuk, silahkan lakukan pemeriksaan hasil pengiriman formulir. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan daring wajib menandatangani daftar hadir dan mengirimkan file foto daftar hadir yang sudah ditandatangani oleh semua mahasiswa yang hadir.

Pemberitahuan Kuliah Daring 2

Kuliah yang dijadwalkan pada Rabu, 1 Mei 2019 tidak dapat dilaksanakan karena libur Hari Buruh Internasional. Untuk menggantikan, kuliah pada hari tersebut dilaksanakan secara daring pada Senin, 6 Mei 2019 pukul 16.00 WITA untuk mendiskusikan materi 5.1. Pengelolaan Program Perlindungan Tanaman: Daur Pengelolaan Program. Silahkan baca dan diskusikan materi kuliah sampai benar-benar mengerti dan kemudian klik Formulir Mengikuti Perkuliahan Daring, jawab setiap pertanyaan, dan klik tombol kirim untuk memasukkan formulir. Untuk memastikan bahwa formulir yang dikirimkan telah benar-benar masuk, silahkan lakukan pemeriksaan hasil pengiriman formulir. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan daring wajib menandatangani daftar hadir dan mengirimkan file foto daftar hadir yang sudah ditandatangani oleh semua mahasiswa yang hadir. Formulir Mengikuti Perkuliahan Daring harus sudah masuk selambat-lambatnya pada Selasa, 7 Mei 2019 pukul 18.00 WITA.

PemberitahuanKuliah Daring 3

Untuk menggantikan kuliah yang dijadwalkan pada Jumat, 17 Mei 2019 yang tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka luring maka dilaksanakan perkuliahan daring pada Kamis, 23 Mei 2014 mulai pada pukul 16.00 WITA dengan materi kuliah 5.3. Pengelolaan Program Perlindungan Tanaman: Evaluasi, Perenungan/Pembelajaran, dan Penyerahan Program. Silahkan baca dan diskusikan materi kuliah sampai benar-benar mengerti dan kemudian klik Formulir Mengikuti Perkuliahan Daring, jawab setiap pertanyaan, dan klik tombol kirim untuk memasukkan formulir. Untuk memastikan bahwa formulir yang dikirimkan telah benar-benar masuk, silahkan lakukan pemeriksaan hasil pengiriman formulir. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan daring wajib menandatangani daftar hadir dan mengirimkan file foto daftar hadir yang sudah ditandatangani oleh semua mahasiswa yang hadir. Formulir Mengikuti Perkuliahan Daring harus sudah masuk selambat-lambatnya pada Jumat, 24 Mei 2019 pukul 18.00 WITA.

Pemberitahuan Softskill

Mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman Semester Genap Tahun 2018/2019 yang sudah melakukan registrasi mata kuliah wajib menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan di dalam kotak di bawah setiap materi kuliah yang disampaikan oleh dosen Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D. Komentar dan/atau pertanyaan yang diajukan dibatasi pada komentar dan/atau pertanyaan yang berkaitan dengan isi setiap tulisan. Komentar dan/atau pertanyaan yang diajukan tersebut akan disalin dan ditempel ke dalam Lembar Penilaian Softskill yang pada akhir perkuliahan wajib dilaporkan denganmenggunakan Lembar Pelaporan Softskill untuk digunakan sebagai dasar penilaian softskill.

Pemberitahuan Tugas

Mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman semester genap 2018/2019 wajib mengerjakan Tugas. Silahkan periksa Halaman Tugas untuk mengerjakan Tugas 1 dan Tugas 2 lalu memasukkan Laporan Tugas sesuai dengan tanggal tenggat yang telah ditetapkan.

Jumat, 02 Mei 2014

Membuat Pohon Masalah dan Pohon Tujuan dengan Menggunakan Program Aplikasi EDraw MindMap

Print Friendly and PDF
Untuk melaksanakan perancangan program perlindungan tanaman dengan pendekatan kerangka kerja logis perlu dilakukan analisis masalah dan analisis tujuan. Sebagaimana sudah saya uraikan pada tulisan sebelumnya, analisis masalah dan analisis tujuan tersebut diselenggarakan bersamaan dengan penyelenggaraan analisis pemangku kepentingan dengan menggunakan metode diskusi kelompok fokus (focus group discussion, FGD). Peserta FGD diminta untuk membuat pohon masalah pada kertas yang telah disediakan dengan cara membuat pernyataan negatif dan menghubungkan satu masalah dengan masalah lainnya dengan menggunakan tanda panah yang menyatakan hubungan sebab-akibat. Setelah selesai membuat pohon masalah, peserta diminta untuk mengubah pernyataan negatif mengenai masalah menjadi pernyataan positif sehingga pohon masalah berubah menjadi pohon tujuan. Untuk mendokumentasikan pohon masalah dan pohon tujuan tersebut digunakan program aplikasi bagan alir atau pemetaan pikiran, di antaranya program aplikasi dalam jaringan Lucid Chart atau program aplikasi komputer EDraw MindMap.

Untuk menggunakan program aplikasi dalam jaringan Lucid Chart diperlukan koneksi Internet berkecepatan tinggi. Mengingat koneksi Internet seperti itu sulit didapat maka saya menyarankan agar digunakan program aplikasi bagan alir dan pemetaan pikiran dengan menggunakan komputer EDraw MindMap. Untuk menggunakan program aplikasi tersebut, silahkan unduh terlebih dahulu dan kemudian pasang pada komputer. Panduan lengkap untuk mengunduh, memasang pada komputer, dan menggunakan program aplikasi tersebut tersedia dalam video Youtube, silahkan saksikan dalam jaringan atau unduh untuk disimpan dan dimainkan dengan menggunakan program aplikasi pemutar video (video player). Video tutorial tersebut menguraikan dengan sangat jelas bagaimana cara mengunduh, memasang, dan menggunakan program aplikasi EDraw MindMap. Namun karena video tutorial menggunakan bahasa Inggris maka saya meringkaskan bagian-bagian penting cara menggunakan program aplikasi tersebut. Selain untuk membuat pohon masalah dan pohon keputusan, kemampuan menggunakan program aplikasi ini sangat penting bila ketika menyusun skripsi nanti diperlukan untuk membuat bagan alir.

Program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir. Untuk memulai, silahkan aktifkan program aplikasi tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya klik More Template>>Highlight Flowchart>>Create sebagaimana tampak pada gambar berikut.
Klik untuk melihat gambar ukuran lebih besar
Untuk membuat bagan alir, harus ditambahkan bentuk-bentuk kotak dari bagian yang disebut Libraries. Karena EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi pemetaan pikiran, Libraries untuk bagan alir tidak selalu tampil secara otomatis. Bila Libraries untuk bagan alir belum tampak, silahkan aktifkan dengan mengklik segitiga terbalik pada ujung kiri atas Libraries dan kemudian klik Flowchart>>Basic flowchart shapes dengan mengikuti langkah-langkah sebagaimana tampak pada gambar berikut.
Klik untuk melihat gambar ukuran lebih besar
Sekarang program aplikasi EDraw MindMap  sudah siap digunakan untuk membuat bagan alir. Pastikan alat (tool) Select diaktifkan dengan mengklik menu Home>>Basic Tools>>Select.

Untuk memulai membuat bagan alir, klik kotak berbentuk persegi panjang dari dalam Library dan kemudian geser kotak sambil menekan tombol kanan tetikus ke layar kerja dan letak pada bagian kiri atas. Tambahkan tulisan "kemarau semakin panjang" di dalam kotak tersebut dengan cara mengklik dua kali (double click) bagian tengah kotak. Untuk memilih jenis dan ukuran huruf, klik menu Home>>Font. Sesuaikan ukuran huruf dengan ukuran kotak. Silahkan periksa gambar berikut untuk memilih jenis kotak, mengubah ukuran kotak, dan bila diperlukan untuk memutar kotak.
Klik untuk melihat gambar ukuran lebih besar

Untuk menambahkan kotak kedua, ketiga dan seterusnya dapat digunakan satu di antara dua cara. Cara pertama digunakan apabila kotak kedua, ketiga dan seterusnya tidak berada dalam satu garis lurus dengan kotak pertama, baik ke arah horizontal maupun vertikal. Dengan cara pertama ini, tambahkan kotak dengan mengklik dan menggeser kotak dari Libraries. Ada berbagai jenis kotak, tetapi untuk sementara abaikan saja jenis-jenis kotak tersebut dan tambahkan kotak berbentuk oersegi panjang (disebut kotak Process). Letakkan kotak kedua pada pada arah kanan bawah kotak pertama lalu tambahkan tulisan "rumput semakin berkurang karena ternaungi sufmuti". Untuk menghubungkan kedua kotak, klik menu Home>>Basic Tools>>Connector dan pilih jenis panah pengubung Curved Connector. Klik pada salah satu sisi kotak pertama pada bagian bertanda x dan kemudian hubungkan denga salah satu sisi kotak kedua pada bagian bertanda yang sama. Selanjutnya silahkan atur kelengkungan garis dengan terlebih dahulu mengklik alat Select dan kemudian mengklik dan menggeser bulatan pada garis panah ke arah yang diinginkan.
Klik untuk melihat gambar ukuran lebih besar
Cara kedua digunakan apabila kotak akan ditambahkan pada posisi horizontal atau vertikal yang sejajar dengan pertama. Dengan cara ini, klik kotak pertama dan kemudian pada sisi-sisi kotak, klik tanda segitiga untuk menambahkan kotak secara sejajar ke arah horizontal dan vertikal dengan kotak pertama. Dengan menggunakan cara ini akan ditambahkan garis panah penghubung antara dua kotak secara otomatis.

Untuk menambahkan dan menghubungkan kotak-kotak lainnya, silahkan lakukan dengan cara yang sama sebagaimana menambahkan kotak kedua. Setelah semua kotak selesai dibuat dan dihubungkan sesuai dengan hubungan sebab-akibat dengan menggunakan tanda panah, Anda dapat mengatu warna dan bentuk garis batas kotak dan warna bagian dalam kotak dengan mengklik tombol kanan tetikus lalu memilih Shape Format. Bila Anda ingin menggunakan format yang seragam untuk semua kotak, silahkan klik menu Page Layout>>Themes lalu pilih salah satu tema yang Anda sukai. Hal yang sama dapat Anda lakukan untuk mengatur jenis, ukuran, bentuk kepala, dan warna garis panah. Untuk menambahkan latar belakang terhadap bagan alir, klik Libraries>>Backgrounds dan pilih salah satu pola latar belakang yang diinginkan dengan cara mengklik dan menggeser ke arah layar kerja. Simpan bagan alir dengan mengklik File>>Save lalu simpan dalam format EDraw (EDDX) pada folder dan dengan nama yang Anda inginkan. Untuk menggunakan file untuk tujuan lebih lanjut, silahkan juga simpan file dalam format JPEG dengan mengklik File>>Save As.

Sekarang Anda telah selesai membuat bagan alir pohon masalah, bandingkan dengan pohon masalah yang dibuat dengan menggunakan program aplikasi yang sama. Untuk membuat bagan alir pohon tujuan, ubah tulisan dalam setiap kotak menjadi pernyataan positif. Misalnya, ubah tulisan "kemarau semakin panjang" menjadi "mengatasi kemarau yang semakin panjang" dan tulisan "rumput semakin berkurang karena ternaungi sufmuti" menjadi "mengatasi naungan oleh sufmuti yang menyebakan rumput menjadi semakin berkurang". Lakukan hal yang sama untuk tulisan-tulisan pada kotak-kotak lainnya. Selanjutnya simpan bagan alir dengan mengklik File>>Save As lalu simpan dalam format EDraw (EDDX) dan kemudian juga dalam format JPEG dengan mengklik File>>Save As. Hati-hati menympan file dalam format EDDX, jangan sampai menghapus file pohon masalah dalam format yang sama. Anda kini sudah mempunyai file bagan alir pohon tujuan yang dapat dibuat dengan mudah dengan cara memodifikasi bagan alir pohon masalah.

Setelah mengikuti langkah-langkah yang diuraikan pada tulisan ini, kini Anda mempunyai satu keterampilan baru dalam bidang IT. Keterampilan baru ini bukan hanya bermanfaat untuk mengerjakan tugas matakuliah ini, melainkan juga untuk membuat bagan alir pada saat penyusunan skripsi. Selain itu, sesuai dengan namanya, program aplikasi EDraw MindMap berguna untuk membuat peta pikiran, yaitu diagam untuk menggambarkan hal-hal yang dipikirkan untuk disimpan dalam komputer sehingga mudah diingat kembali. Tersedia banyak program aplikasi pemetaan pikiran, baik yang digunakan dalam jaringan maupun dengan memasang pada komputer, tetapi EDraw MindMap mempunyai kelebihan karena juga dapat digunakan secara gratis untuk membuat bagan alir dan berbagai bentuk diagram lainnya. Peta pikiran berguna misalnya untuk menata bagian-bagian bab dalam skripsi menjadi sub-bab dan sub-bab menjadi bagian-bagian lebih rinci. Lebih lanjut, pada bagian terkecil dari sebuah bab, pemetaan pikiran dapat digunakan untuk menata topik setiap alinea, mulai dari alinea pertama sampai alinea terakhir, dalam urutan yang logis. Yang perlu Anda lakukan mulai dari sekarang adalah berlatih menggunakan EDraw MindMap dengan cara mengerjakan Tugas 8 (batas tanggal pengumpulan 9 Mei 2014). Jangan takut melakukan kesalahan sebab keterampilan hanya bisa diperoleh melalui pengalaman.


58 komentar:

  1. Berdasarkan uraian diatas, bahwa Program aplikasi EDraw MindMap merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran dan digunakan untuk membuat bagan alir. Selain itu, EDraw MindMap mempunyai kelebihan yaitu dapat digunakan secara gratis untuk membuat bagan alir dan berbagai bentuk diagram lainnya. Dalam bacaan diatas, yang saya kurang pahami adalah menyimpan file dalam format EDDX karena ada pernyataan bahwa “Hati-hati menyimpan file dalam format EDDX” . Pertanyaannya adalah bagaimana menyimpan file agar tidak sampai menghapus file dalam format yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. QREZPY PARIAMALINYA9 Mei 2014 pukul 12.20

      Yaitu dengan cara: File > Save as > 'udah nama file' File name & bisa juga 'udah format file' Save as type.

      Hapus
  2. Pada dasarnya program aplikasi EDraw MindMap merupakan program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat peta pikiran yang menggambarkan hal-hal yang dipikirkan untuk kemudian disimpan dalam komputer sehingga akan lebih mudah untuk diingat kembali dan juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir, misalnya untuk membuat pohon masalah dan pohon tujuan. Program aplikasi ini mempunyai banyak keuntungan, selain dapat digunakan secara gratis untuk membuat bagan alir dan berbagai bentuk diagram lainnya, program ini pun juga dapat digunakan untuk melatih ketrampilan dalam bidang IT, melatih kreatifitas dan akan sangat berguna saat penyusunan skripsi. Namun dari keutungan-keuntungan yang telah disebutkan tersebut, adakah kelemahan dari program aplikasi ini ? Dan mengapa harus menggunakan program aplikasi ini dan tidak menggunakan program aplikasi lainnya, misalnya XMind ? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  3. penggunaan Edraw MindMap membantu memudahkan dalam menyusun pohaon masalah dan pohon tujuan karena alur-alur seperti masalah utama, penyebab masalah, dan akibatnya lebih mudah dipahami karena alur-alurnya lebih terarah.

    BalasHapus
  4. florentiano gabut8 Mei 2014 pukul 17.42

    aplikasi dengan menggunakan program Edraw MindMap sangat berguna bagi mahasiswa,karena dalam program tersebut dapat menyimpulkan pokok permasalahan dan tujuan suatu permasalahan, dengan menggunakan bagan alir dan berbagai bentuk diagram lainya ,sehingga mahasiswa dapat memudahkan dalam pembuatan skiripsi,contohnya menata bagian-bagian bab menjadi sub bab yang menjadi lebih rinci.

    BalasHapus
  5. aplikasi Edraw MindMap sangat membantu dalam menyusun pohaon masalah dan pohon tujuan sebab penjelasannya lebih detail dan terarah sehingga mudah dipahami..

    BalasHapus
  6. Setelah membaca tulisan diatas menurut saya , penggunaan Edraw MindMap sangat berguna sekali dalam hal ini kita dapat mengetahui aplikasi baru terutama dalam membuat bagan seperti Pohon Masalah, pohon tujuan dan lain-lain . Tulisan diatas juga dapat menambah pengetahuan , keterampilan serta ketelitian dalam menggunakan IT . dari tulisan diatas juga dapat mempermudah dalam membuat pohon masalah karena disertai contoh-contoh pembuatannya. Terima kasih .

    BalasHapus
  7. penjelasannya cukup di mengerti dalam penggunaan program edraw MindMap namun pertanyaannya,berapa pernyataan permasalahan yang harus dibuat?

    BalasHapus
  8. Dewanti Rambu Luba8 Mei 2014 pukul 22.08

    Berdasarkan tulisan diatas telah dijelaskan Program aplikasi EDraw MindMap merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang digunakan untuk membuat bagan alir. Keuntungan dari aplikasi ini dapat sigunakan secara gratis. program ini juga dapat melatih ketrampilan dalam bidang IT dan dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dan juga sangat nerguna untuk membuat bagan alir pada saat penyusunan skripsi.

    BalasHapus
  9. setelah membaca tulisan tentang membuat pohon masalah dan pohon tujuan dengan menggunakan program aplikasi Edraw Mindmap, ternyata alikasi ini akan sangat-sangat membantu kita dalam melakukan presentasi tengtang sebab-akibat dari suatu masalah. Dan aplikasi ini akan sangat membantu karena selain penggunaan aplikasi ini yang mudah dan akan cepat dimengerti oleh sasaran. Dalam membuat suatu akar masalah kita akan sangat terbantu dengan aplikasi ini, karena pada aplikasi ini kita diberikan banyak sekali pilihan ataupun contoh-contoh dari flowchart yang ingin kita presentasikan.

    BalasHapus
  10. Dari tulisan diatas, Program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir. Artinya program ini membantu kita dalam menyusun kerangka-kerangka pikiran yang saling berhubungan satu sama lain dan akan saling berkesinambungan. Program ini sebaiknya digunakan jika kita ingin memberitahukan suatu asal mula atau sebab-akibat dari suatu masalah yang terjadi. Selain itu program ini sangat mudah sekali digunakan.

    BalasHapus
  11. Dari program aplikasi EDraw MindMap memberikan banyak ketrampilan yang sangat menarik dalam mengembangkan pikiran mahasiswa untuk membuat bagan alir. Sehingga mahasiswa harus lebih teliti dalam megerjakan tugas apabila menggunakan program aplikasi EDraw MindMap ini. Program ini merupakan suatu informasi yang sangat menarik bagi kalangan pelajar dan perlu dikembangkan.

    BalasHapus
  12. program aplikasi Edraw Mind Map merupakan aplikasi yang sangat membantu mahasiswa dan mudah di pahami oleh pengguna baru.Program ini sangat berguna dalam membuat suatu bagan alir.

    BalasHapus
  13. QREZPY PARIAMALINYA9 Mei 2014 pukul 12.12

    Dengan menggunakan software EDraw MindMap, akan sangat mudah kita dalam membuat suatu bagan alir, dibandingkan dengan menggunakan Ms. Office (Word, Excel, dan PowerPoint) yang begitu ribet. Dan juga EDraw MindMap dilengkapi dengan banyak sekali template, style, efek dan banyak contoh mind map dalam berbagai topik, membuat Edraw MindMap menjadi software Mind Mapping yang cocok bagi pemula.

    BalasHapus
  14. Berdasarkan kajian mengenai Membuat Pohon Masalah dan Pohon Tujuan dengan Menggunakan Program Aplikasi EDraw MindMap memberikan suatu kerangka kerja yang efektif untuk mengkaji tentang suatu masalah agar kita lebih mudah memahami tentang konteks dari masalah tersebut

    BalasHapus
  15. Mengenai pembuatan pohon masalah dan dengan menggunakan Program Aplikasi EDraw MindMap, membuat kita mengerti tentang bagai mana terjadinya suatu masalah dan bagaimana cara memahami masalah tersebut. Dalam mengkaji sebab akibat suatu masalah.

    BalasHapus
  16. Aplikasi EDraw MindMap, merupakan satu aplikasi yang sangat membantu mahasiswa untuk membuat bagan alir dan mahasiswa cepat mengerti dan memahami suatu masalah.

    BalasHapus
  17. Berdasarkan materi diatas menyatakan bahwa program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang dapat digunakan untuk membuat bagan alir.
    Pertanyaannya, Apakah program aplikasi EDraw MindMap dapat digunakan untuk membuat beberapa bagan alir seperti membuat diagram alir dokumen, diagram alir data dan diagram alir sistem?

    BalasHapus
  18. setelah mengerjakan tugas tentang masalah terhadap jeruk keprok soe dengan mengunakan aplikasi EDraw Mindmap menurut saya sangat membantu dalam pekerjaan tugas .Dan setelah membaca materi tentang aplikasi EDraw Mindmap satu hal penting yang saya dapat di sini adalah bahwa program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang dapat digunakan untuk membuat bagan alir.

    BalasHapus
  19. Trimakasih Bapak Atas Ilmu Pengetahuan Yang baru Buat Saya....awalnya tidak bisa Mengoperasi aplikasi ini namun Penjelasan Tutorialnya Cukup lengkap akhirnya Saya Bisa Selesaikan Tugasnya..masih Banyak tutorial yang lain belum saya tau tetapi sya akan mencobanya,,,,,pertanyaan saya Program EDraw MindMap Ini selain digunakan untuk membuat pohon masalah dan pohon tujuan, kira-kira untuk apa lagi? Trimakasih Sangat Membantu

    BalasHapus
  20. Menurut pendapat saya, program aplikasi EDraw MindMap ini sangat bermanfaat dalam membuat pohon masalah dan pohon tujuan, dimana hal - hal yang sebelumnya hanya bisa dipikirkan dapat dibuat dalam bentuk bagan alir yang mudah diingat dan dipahami.

    BalasHapus
  21. agustinus G,lasi9 Mei 2014 pukul 22.46

    dalam programa Edraw MinMap kita dapat mengetahui perbandingan anatara segi positif dan negatif dari suatu pokok permasalahan dan tujuan permasalahan,serta memnf.aat pengalaman dalam membuar bagan dan alir

    BalasHapus
  22. program ini dapat bermanfaat sebagai suatu pembelajaran untuk mengembangkan pola pikir dalam menganalisis suatu permaslahan dengan membuat pohon permasalahan tujuan permasalahan.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Membuat pohon masalah dan tujuan masalah dengan menggunakan bagan alir dan program aplikasi Edraw MinMap, sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan suatu masalah

    BalasHapus
  25. dari program aplikasi Edraw MinMap yang di pakai dalam pembuatan bagan pohon masalah dan tujuan sangat membantu mahasiswa dalam membuka wawasan berpikir lebih luas

    BalasHapus
  26. Dengan program aplikasi Edraw MinMap dapat membantu dalam membuat pohon masalah dan pohon tujuann sehingga dapat membandingkan masalah positif dan negatif yang ada, dan dapat membantu mahasiswa dapat mengetahui aplikasi tersebut.

    BalasHapus
  27. Berdasarkan program aplikasi Edraw MinMap ini, dapat membantu mahasiswa dalam mengerjakan pohon masalah dan tujuan masalah dengan menggunakan bagan alir.

    BalasHapus
  28. setelah membaca uraian diatas mengenai Program aplikasi EDraw MindMap,,saya memahami dan bisa menggunakan aplikasi tersebut.aplikasi ini sangat membantu saya untuk menerejakan tugas yang berkaitan dengan pohon masalah,dan pohon tujuan dan juga menambah penetahuan bagi mahasiswa.

    BalasHapus
  29. Program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir.
    program ini sangat bermanfaat bagi kami dalam pembuatan pohon masalah dan pohon tujuan dan merupakan suatu ilmu yang akan memudahkan kami dalam membuat bagan saat mengerjakan skripsi nanti.

    BalasHapus
  30. Dengan menggunakan maka lebih memudahkan dalam pembuatan bagan alir untuk melaksanakan program perlindungan tanaman dengan pendekatan kerangka kerja logis dan dengan program aplikasi Edraw MindMap dapat menghubungkan satu masalah dengan masalah lainnya dengan menggunakan tanda panah sehingga lebih terlihat dengan jelas hubungan sebab-akibat pada pohon masalah dan pohon tujuan. Cara penjelasan pembuatan bagan alir juga dijelaskan dengan sangat baik dan dilengkapi dengan youtube sehingga kami dapat memahami dengan baik proses pembuatan bagan alir pohon masalah dan pohon tujuan. Setelah menggunakan program Edraw MindMap ini kami juga memperoleh satu keterampilan yang baru dibidang TIK.

    BalasHapus
  31. Program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir. Dengan adanya program ini dapat membantu dalam membuat bagan terutama tentang sesuatu masalah dan pembahasannya pun dapat dibahas secara terarah.

    BalasHapus
  32. Program aplikasi EDraw MindMap, mempunyai banyak kelebihan yang pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran dan membuat bagan alir. Program ini juga sangat membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilannya dan dalam proses penyusunan skripsi. Menurut saya, program aplikasi ini tidak terlalu sulit digunakan. Selain program Aplikasi EDraw MindMap, apakah ada program aplikasi lain yang bisa digunakan untuk pemetaan pikiran dan membuat bagan alir?

    BalasHapus
  33. Dengan adanya program aplikasi EDraw MindMap, sangat penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mengetahui program tersebut. supaya dalam mengerjakan tugas-tugas, mahasiswa tidak sulit dalam pengaplikasikannya. oleh karena itu, saya sangat setuju dengan adanya program ini.

    BalasHapus
  34. Pada program EDraw MindMap, dapat mudah dan membantu dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan bagan. oleh karna itu, saya sangat setuju dengan program ini karena saya sudah pernah mencobanya sendiri. Dan apabila ada program lain saya harap bisa diinformasikan kepada mahasiswa.Terimakasih

    BalasHapus
  35. Berdasarkan uraian diatas ternyata aplikasi endraw mind map lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi lain yang sejenis karena aplikasi ini merupakan program pemetaan pikiran yang digunakan untuk bagan alir. kegunaannya sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menghubungkan sebuah permasalahan yang akan dihubungkan dalam pohon masalah dan pohon tujuan. selain itu juga sebagai pedoman membuka wawasan mahasiswa dibidang IT agar tidak GAPTEK lagi.

    BalasHapus
  36. Program EDraw MindMap ini sangat membantu dalam membuat pohon masalah dan pohon tujuan, apakan program ini hanya dapat dimanfaatkan untuk membuat podon tujuan dan pohon masalah saja ataukan ada lagi manfaat lain dari program ini?

    BalasHapus
  37. Edraw MindMap merupakan salah satu program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang digunakan untuk membuat bagan alir.Edraw MindMap juga sangat mudah membantu dalam membuat pohon masalah,pohon tujuan karena penjelasannya lebih mudah dipahami atau dimengerti

    BalasHapus
  38. Program aplikasi Edraw MindMap sangat membantu kami dalam menghubungkan setiap masalah dengan menggunakan tanda panah, dapat mengaitkan setiap hubungan sebab-akibat pada pohon masalah dan pohon tujuan. Cara penyajian tentang pembuatan bagan alir juga dijelaskan secara sangat spesifik sehingga memberikan pengetahuan tambahan pada kami tentang cara pembuatan pohon masalah dan pohon tujuan. Trima kasih pada bapak yang telah membantu kami mengajarkan program-program yang belum pernah kami ketahui.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. saya sangat mendukung aplikasi EdwarMap karna sangat membantu sekali dan memudahkan kami dalam menghubungkan permasalahan permasalahan yang ada pada pohon masalah dan dapat mengetahui secara jelas karena tela ada tanda-tanda penghubung yang jelas dan terarah sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya.

    BalasHapus
  41. Salam kenal.
    Mantaps Broo Info nya.
    Gue demen bgt.
    Sukses ya Broo . . . and GBU yaa.

    BalasHapus
  42. dari materi yang saa baca dapat disimpulkan bahwa program ini sangat penting bagi masyarakat Karena dengan menggunakan pendekatan kerangka kerja logis perancangan program dimulai dari analisis pemangku kepentingan maka pendekatan kerja logis dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan, "Karena program itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat". Dengan kata lain, program tersbut dilaksanakan karena itu yang menjadi prioritas masyarakat. Dengan demikian maka kemungkinan program akan memperoleh dukungan masyarakat menjadi lebih besar. Selain itu, penggunaan pendekatan kerangka kerja logis memungkinkan dilakukan analisis dan organisasi terhadap informasi yang tersedia secara sistematik sehingga dapat berfungsi sebagai alat bantu berpikir.



    pertanyaan
    1.masalah apa yang akan terjadi dalam masyarakat jika program pendekatan kerangka kerja logis?

    BalasHapus
  43. Yang saya pahamidri aplikasi EdrawMind Map adalah sebuah aplikasi yang di gunakan untuk membuat Mind Map ( Peta Pikiran ) secara mudah dan instan yang di lengkapi dengan berbagai fitur yang menarik sehingga membantu kita untuk lebih kreatif dalam menyiapkan materi pemblajaran dan terorganisir/menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat sehingga mempermudahkan dalam memahami isi sebuah materi atau sebuah informasi.
    Dan satu lagi keunggulan aplikasi ini dapat di download dengan gratis ��

    BalasHapus
  44. Aplikasi EDraw MindMap ini sangat membantu saya dalam membuat kerangka pemikiran yang baik melalui pembuatan bagan alir.

    BalasHapus
  45. Menurut saya aplikasi ini sangat membantu saya ealam mempelajari masalah yang dihadapi kedalam bentuk peta atau grafik sehingga lebih mudah memahaminya dan meningkatkan daya hafal dan motivasi belajar menjadi kreatif.

    BalasHapus
  46. Menurut saya aplikasi EDraw MindMap ini sangat membantu dalam menyampaikan informasi dengan singkat, tepat, jelas, dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  47. Aplikasi EDraw MindMap sangat bagus digunakan dalam pembuatan bagan. Melalui aplikasi ini juga kita dapat belajar bagaimana cara cara membuat sebuah bagan yg baik tanpa kerja yang terlalu rumit.

    BalasHapus
  48. Memurut saya aplikasi EDraw MindMap sangat membantu saya sejauh ini dan juga karena telah ada cara menggunakannya pada materi diatas maka saya tidak terlalu kesusahan dalam pengaplikasian EDraw ini. Saya rasa aplikasi ini juga bagus karena kita sebagai mahasiswa dapat membuat bagan pemikiran sendiri dimana kreatifitas dan pemikiran kita dapat kita tuangkan dalam aplikasi ini.

    BalasHapus
  49. Dengan adanya aplikasi EDraw MindMap ini sangat membantu dan memudahkan saya dalam menentukan dan menyusun suatu pohon permasalahan serta menetapkan pohon tujuan dengan menggunakan bagan alir serta berbagai macam bentuk diagram yang ada. penjelasannya juga sangat detail sehingga saya mudah memahami.

    BalasHapus
  50. Menurut saya Program aplikasi EDraw MindMap sangat membantu dalam menganalisis suatu masalah dengan aplikasi bagan alir atau pemetaan pikiran.

    BalasHapus
  51. Dalam program aplikasi EDraw MinMap merupakan salah satu aplikasi yang sangat membantu dan membuat kami mengerti dan memahami tentang bagaimana cara membuat pohon masalah dan pohon tujuan. Oleh karena itu saya sangat setuju dengan adanya program aplikasi EDraw MinMap tersebut. Terimakasih

    BalasHapus
  52. saya sangat senang dengan adanya Program aplikasi bagan alir dan pemetaan pikiran dengan menggunakan komputer EDraw MindMap yang sudah dapat jaringan atau sinyal yang buruk.

    Sehingga dengan adanya aplikasi tersebut kita bisa membuat pohon masalah tanpa tergantung pada koneksi internet

    BalasHapus

  53. Program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir.
    Dengan adanya aplikasi ini saya sangat membantu saya untuk membuat pohon masalah tanpa mengunakan koneksi internet.

    BalasHapus
  54. Saya sangat setuju dengan adanya program aplikasi ini, Aplikasi EDraw MindMap ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat membantu untuk membuat bagan alir, dan menggunakan Program Aplikasi EDraw MindMap, membuat kita mengerti tentang bagaimana terjadinya suatu masalah dan bagaimana cara memahami dan menyelesaikan masalah tersebut.

    BalasHapus
  55. saya syukuri karna adanya aplikasi EDraw MindMap.adanya aplikasi ini saya pribadi membantu sekali,misalnya dalam dalam pembuat pohon masalah saya tidak repot-repot untuk mengkoneksi internet lagi,karna aplikasi ini bisa pakai ofline.

    BalasHapus
  56. Terimakasih atas informasi yang diberikan dalam materi ini pak!!
    Dari materi ini, dapat saya pahami bahwa Program aplikasi EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi untuk pemetaan pikiran yang juga dapat digunakan untuk membuat bagan alir. EDraw MindMap pada dasarnya merupakan program aplikasi pemetaan pikiran,
    EDraw MindMap mempunyai kelebihan karena juga dapat digunakan secara gratis untuk membuat bagan alir dan berbagai bentuk diagram lainnya. Peta pikiran berguna misalnya untuk menata bagian-bagian bab dalam skripsi menjadi sub-bab dan sub-bab menjadi bagian-bagian lebih rinci.

    BalasHapus
  57. Cantika Puteri Setyowati29 Mei 2019 pukul 21.37

    Dengan adanya aplikasi EDraw MindMap sangat membantu dalam proses pengerjaan tugas yg diberikan. Tapi, apakah hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat mengerjakan tugas yang diberikan? Ataukah ada cara yang lain ?
    Mohon penjelasannya Pak.

    BalasHapus

Untuk menyampaikan komentar, silahkan ketik dalam kotak di bawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...